Tiga Orang Penting Masuk Neraka Karena Salah Niat


Cover Buku
Cover Buku

Ketika membaca buku Zero to Hero, ada sebuah kisah menarik mengenai niat. Kisah tiga orang penting yang diseret ke neraka karena salah niat. Padahal mereka adalah tokoh-tokoh terkemuka yang penuh prestasi di tengah masyarakat. Mereka adalah yang memiliki peran penting untuk mengubah kondisi masyarakat. SIAPA? Mereka adalah:
1. Orang Alim, yang banyak ilmunya.
2. Dermawan, orang yang banyak dermanya.
3. Mujahid, orang yang gemar berjihad.
Mengapa mereka? dalam buku tersebut (Zero to Hero) ada sebuah Sabda Rasulullah SAW yang berbunyi
“yang pertama kali dibakar api  neraka pada hari Kiamat adalah tiga golongan: orang alim, mujahid, dan dermawan.
Adapun orang alim maka Allah mendatangkan dan menanyainya: ‘Apa yang dahului engkau perbuat di dunia?’Dia menjawab ‘Aku menuntut ilmu di jalanMu, lalu aku sebarkan ilmu itu karena mencari keridhaanMu’. maka dikatakan  kepadanya: ‘engkau dusta! sebenarnya engkau mencari ilmu supaya dikatakan sebagai orang alim’. Kemudian diperintahkan malaikat penjaga neraka untuk menyeretnya, maka dilemparkan dia ke dalam neraka.
Kemudian didatangkan seorang dermawan, maka dia ditanya:’Apa yang dahulu engkau oerbuat di dunia? ‘. Dia menjawab  ‘Aku mencari harta halal , kemudian aku infaqkan harta itu di jalanMu’. Maka dikatakan kepadanya: ‘Engkau dusta! Engkau infaqkan hartamu supaya manusia menyebutmu dermawan”. Kemudian diperintahkan malaikat penjaga neraka untuk menyeretnya,  maka dilemparkanlah dia ke dalam neraka.
kemudian yang ketiga, ‘Apa yang dahulu engkau perbuat di dunia?’ Dia menjawab: ‘ Aku berperang di jalan Allah, sehingga aku mati terbunuh.’ Maka dikatakan kepadanya: ‘ Engkau dusta! Engkau berperang supaya dikatakan orang pemberani’ Maka diperintahkanlah malaikat penjaga neraka untuk menyeretnya, maka dilemparkanlah dia ke dalam neraka.’ (Hadits Riwayat Muslim)
Ternyata amalan yang besar bisa tidak dianggap karena niat. Benar seperti yang dikatakan Abdullah bin Mubarak
Berapa banyak amal yang remeh menjadi besar gara-gara niat. Dan berapa banyak amal yang besar menjadi remeh gara-gara niat
Ternyata seperti itulah gambaran kedudukan niat dalam perbuatan. Salah niat, perbuatan bisa menjadi bumerang. Tak salah jika niat memang ditempatkan urutan pertama pada kitab-kitab hadits mungkin ya :D
Oke itu sekilas dari buku yang telah/sedang saya baca. Semoga tulisan ini bisa mengingatkan kita lebih meluruskan niat dalam setiap perbuatan, khususnya saya nih. Saya sebagai guru semoga lebih diluruskan lagi niatnya untuk menyebarkan ilmu ke murid-murid :D
Ayo berbagi ilmu dengan niat ikhlas dan seceria mungkin :D
(https://phinueisal.wordpress.com)

Komentar

Eramuslim

Postingan Populer