Mendoakan Saudara


Oleh: Jarjani Usman

Tiada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, ‘Dan bagimu juga kebaikan yang sama’ (HR. Muslim).
Ketika mengucapkan kata saudara, asumsi sebahagian orang cenderung berkenaan dengan beberapa orang yang memiliki hubungan keluarga. Namun dalam Islam seringkali dilihat amat luas.  Terutama sekali saudara sesama iman.  Hal ini dapat difahami dari hadith bahwa sesungguhnya sesama Muslim itu bersaudara.  Karena itu, sepatutnya saling mendoakan.
Kemauan untuk mendoakan kebaikan untuk orang lain adalah wujud dari keimanan yang kuat di dalam hati. Dengan kata lain, itu tradisi orang orang beriman, yang sepantasnya kita ajak diri untuk menirunya.  Lagipula Rasulullah SAW telah bersabda, ATidak beriman di antara kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri (HR. Al Bukhari dan Muslim).
Disebutkan juga dalam hadits lain, malaikat juga ikut mendoakan kebaikan bagi orang yang mendoakan orang lain dengan ikhlas.  Jadi kebaikannya dua arah.  Apalagi doa yang dipanjatkan adalah untuk orang orang yang tak diketahui oleh yang didoakan. Karena itu, menyempatkan diri untuk mendoakan kebaikan untuk orang lain bukanlah perbuatan yang rugi waktu. 
sumber: http://aceh.tribunnews.com/

Komentar

Eramuslim

Postingan Populer