Masjid Al Jin, Sederhana Tapi Rame Dikunjungi Jamaah



 Masjid Al Jin tidak seseram namanya. Masjid yang menjadi saksi para jin masuk Islam itu justru menjadi destinasi religi yang digandrungi jamaaah haji di Makkah saat waktu salat tiba.

Redaksi dan Tim Media Center Haji (MCH) berkesempatan berkunjung ke masjid yang terkenal dengan nama Baiat itu pada Senin 21 Oktober 2013 pukul 17.45 WAS.

Sejauh mata memandang, masjid yang letaknya sekitar 1 kilometer dari Masjidil Haram itu memiliki kubah kuning yang lebih mungil dibandingkan kubah di masjid lainnya yang besar nan megah.

Melongoklah ke atas, kubah itu rupanya dihiasi kaligrafi Surah Al Jin ayat 1 sampai 9. Arti ayat pertama surat itu adalah "Katakanlah (hai Muhammad): “Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya: sekumpulan jin telah mendengarkan (Al Quran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan",

Tulisan itu untuk mengenang asal mula nama Masjid Al Jin. Alkisah, para jin menyatakan diri masuk Islam setelah tersentuh oleh lantunan ayat Al Quran yang dibacakan Nabi Muhammad di masjid tersebut.

Tembok tinggi warna abu-abu mendominasi masjid yang memiliki luas 10x20 meter.

Bagunan masjid terdiri dari 2 lantai. Lantai satu dikhususkan untuk tempat beribadah jamaah haji laki-laki. Sedangkan jamaah haji perempuan beribadah di lantai dua.
(dtk/redaksi).

Komentar

Eramuslim

Postingan Populer