Majelis Ta'lim Manulife Indonesia


Sesuai dengan berkembangnya perusahaan dan kebutuhan untuk memberikan pencerahan tentang nilai-nilai Islam kepada para pemeluknya, maka pada tanggal 12 Pebruari 1991 secara resmi didirikan Majelis Taklim Manulife Indonesia (MTMI). Keanggotaan MTMI mencakup baik karyawan and agen Manulife Indonesia baik di kantor pusat maupun cabang-cabang perusahaan.
Pada awal berdirinya MTMI, kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan pengajian/ ceramah umum sebulan sekali, mengadakan acara buka puasa bersama, sumbangan untuk anak yatim dan dhuafa, dan menyembelih hewan Qurban pada hari Raya Idul Adha. Kegiatan sosial lain yang sering diadakan adalah ikut memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah, misalnya banjir, kebakaran dan donasi-donasi kepada lembaga sosial lainnya.
Kegiatan-kegiatan tersebut kini terus berkembang misalnya dengan mengadakan Shalat Zuhur berjamaah yang diikuti dengan ceramah agama setiap hari di bulan Ramadhan. Di akhir Ramadhan MTMI juga ikut memberikan bantuan/paket lebaran kepada warga yang berada disekitar kantor, dan bakti sosial ke berbagai tempat.
Sejak tahun 2005 MTMI telah secara rutin mengadakan Shalat Jum'at berjamaah di Mushala MTMI yang diberi nama "SURAU KITA". Untuk penunjukan khotib shalat Jumat, MTMI bekerjasama dengan :
  1. Lembaga Dakwah Sunda Kelapa
  2. Korps Mubalig Muhammadiyah
  3. Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia
  4. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Da'wah (LPPD) Khairu Ummah.
  5. Daarut Tauhid
 
Program lain yang diluncurkan adalah Tabungan Qurban (TQ). Bekerja sama dengan Koperasi Karyawan, program ini diharapkan dapat membantu karyawan yang ingin berqurban dengan cara menabung setiap bulan. Menjelang Idul Adha nanti akan diberitahukan saldo tabungan Qurbannya masing-masing. Bila tabungannya belum mencukupi untuk seekor kambing, maka kepada yang bersangkutan diminta untuk menggenapinya. Begitu juga dengan lokasi atau tempat penyelenggaraan Qurban, para karyawan dapat memilih sesuai dengan daftar yang diberikan oleh panitia atau bagi yang ingin menyelenggarakan sendiri dirumah, maka saldo tabungan sepenuhnya akan diberikan kepada calon pekurban tersebut. 
 
Untuk memperdalam wawasan keislaman, program baru yang diluncurkan adalah Daurah. Pesertanya adalah karyawan Manulife Indonesia. Sejauh ini sudah 2 kali Daurah yang diadakan, mengambil lokasi di puncak selama 2 hari, dengan topik Pelatihan Sholat Khusyuk dan Hukum Waris.

Komentar

Eramuslim

Postingan Populer