KIAT MEMAKMURKAN MASJID
1. BANGUNKAN KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT DENGAN BAHASA YANG SOPAN DAN SANTUN, KEMUDIAN SERUKAN AJAKAN SHOLAT DALAM BAHASA SETEMPAT (INDONESIA, JAWA, SUNDA, DLL) 30 MENIT SEBELUM JATUH WAKTU SHOLAT / SEBELUM AZAN. SEBAGAI CONTOH : "KEPADA YTH.BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, ADIK-ADIK REMAJA PUTERA DAN PUTERI YANG HENDAK MELAKSANAKAN SHOLAT BERJAMAAH (MAGHRIB, ISYA, SUBUH) , DIPERSILAHKAN UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DATANG KE MESJID. WAKTU SHOLAT BERJAMAAH ±30 MENIT LAGI." KETAHUILAH, RASULULLAH SAW BERSABDA,''BARANGSIAPA YANG SHALAT ISYA BERJAMAAH MAKA SEAKAN-AKAN DIA TELAH SHALAT SETENGAH MALAM. DAN BARANGSIAPA SHALAT SUBUH BERJAMAAH, MAKA SEAKAN-AKAN DIA TELAH MELAKSANAKAN SHALAT MALAM SATU MALAM PENUH.'' HADITS RIWAYAT MUSLIM. PADA HADIST YANG LAIN DISEBUTKAN, RASULULLAH SAW. BERSABDA YANG DIRIWAYATKAN DARI AISYAH : “DUA RAKAAT FAJAR ( SHALAT SUNNAH SEBELUM SUBUH ) LEBIH BAIK DARI DUNIA DAN SEISINYA.” ( HR MUSLIM ). DAN KETAHUILAH, SESUNGGUHNYA SHALAT YANG PALING BERAT BAGI ORANG MUNAFIK ADALAH SHALAT ISYA’ DAN SHALAT SUBUH. SEKIRANYA MEREKA MENGETAHUI APA YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA, NISCAYA MEREKA AKAN MENDATANGI KEDUANYA SEKALIPUN DENGAN MERANGKAK.
2. 15 MENIT KEMUDIAN, ULANGI SERUAN YANG SAMA, "KEPADA YTH.BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, ADIK-ADIK REMAJA PUTERA DAN PUTERI YANG HENDAK MELAKSANAKAN SHOLAT (MAGHRIB, ISYA, SUBUH) BERJAMAAH, HARAP BERSEGERA UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DATANG KE MESJID. WAKTU SHOLAT BERJAMAAH ±15 MENIT LAGI."
3. 10 MENIT KEMUDIAN, ULANGI SERUAN YANG SAMA, "KEPADA YTH.BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, ADIK-ADIK REMAJA PUTERA DAN PUTERI YANG HENDAK MELAKSANAKAN SHOLAT (MAGHRIB, ISYA, SUBUH) BERJAMAAH, HARAP BERSEGERA UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DATANG KE MESJID. WAKTU SHOLAT BERJAMAAH ±5 MENIT LAGI."
4. SETELAH MASUK WAKTU, SERUKAN AZAN
5. BERI KESEMPATAN BEBERAPA SAAT, ±10 MENIT, AGAR KAUM MUKMININ DAN MUKMINAT DAPAT BERDATANGAN, BERWUDHU DAN MELAKSANAKAN SHOLAT TAHIYATUL MESJID SERTA SHOLAT QOBLIYAH. BARU KEMUDIAN....
6. SERUKAN IQOMAT, DAN...
7. LAKSANAKAN SHOLAT BERJAMAAH.
BERIKUT INI ALASAN MENGAPA KITA HARUS MERUBAH PARADIGMA SERUAN UNTUK BERJAMAAH DI MESJID KARENA :
1. ANTARA WAKTU AZAN DAN IQOMAT SERING TERLALU CEPAT, BERKISAR ±5 MENIT, HANYA MENUNGGU ORANG SHOLAT QOBLIYAH SAJA, LANGSUNG SHOLAT FARDHU, SEHINGGA ORANG-ORANG YANG MUNGKIN SEDANG ADA KEGIATAN DISORE HARI, CONTOHNYA SEDANG MENGERJAKAN SESUATU, TIDAK SADAR KARENA KE ASYIKAN BEKERJA, DAN LUPA BAHWA WAKTU MAGHRIB SUDAH MASUK, TIDAK BISA BERGABUNG SHOLAT BERJAMAAH. UNTUK ITU KITA PERLU MEMBERI WAKTU AGAR MEREKA BISA MEMPERSIAPKAN DIRI DENGAN MANDI, MENCUCI TANGAN, MEMBERESKAN ALAT-ALAT KERJA, BERWUDHU, DAN LAIN-LAIN. DISAMPING ITU BISA KITA PERHATIKAN, BAHWA SELANG WAKTU ANTARA AZAN DAN IQOMAT TERLALU PENDEK, PADAHAL INI ADALAH IBADAH YANG SEHARUSNYA DIBERI WAKTU LONGGAR, YG TIDAK TERLALU SEMPIT / PENDEK KARENA KEUTAMAAN PAHALANYA, APALAGI DOA DIANTARA AZAN DAN IQOMAT ADALAH DOA YG PASTI DIKABULKAN OLEH ALLAH SUBHANA WATAALA. SEDANGKAN SETELAH SHOLAT SUBUH DILAKSANAKAN, BERDOA DAN BERZIKIRNYA JUSTRU JANGAN SAMPAI MENYITA WAKTU YANG LEBIH LAMA DAN LEBIH PANJANG, KARENA DOA DAN ZIKIR SEHARUSNYA DILAKSANAKAN SENDIRI-SENDIRI SESUAI KEBUTUHAN MASING-MASING, DAN TIDAK PERLU DIKERASKAN, KARENA KITA TIDAK SEDANG MEMINTA KEPADA DZAT YANG TULI, AKAN TETAPI KITA BERDOA DAN MEMOHON KEPADA ALLAH SWT, DZAT YANG MAHA MENDENGAR DAN TIDAK TULI. RASULULLAH DAN PARA SAHABAT JUGA TIDAK PERNAH MENCONTOHKAN BERDZIKIR DENGAN SUARA KERAS DAN BERSAMA-SAMA.
2. ANTARA WAKTU AZAN DAN IQOMAT DI MASJIDIL HARAM / NABAWI BISA SAMPAI ±30 ATAU ±45 MENIT, DENGAN DEMIKIAN TIDAK ADA SALAHNYA JIKA KITA BISA MELAKSANAKAN TATACARA YANG SAMA. BAGI SEBAGIAN ORANG YANG BERPENDAPAT BAHWA WAKTU SHOLAT MAGHRIB DAN SUBUH ADALAH PENDEK DAN HARUS DISEGERAKAN KARENA HARUS TERBURU-BURU BEKERJA BISA DIARTIKAN BAHWA ORANG TERSEBUT LEBIH MENGEJAR SERTA MENGUTAMAKAN DUNIAWI DIBANDING MEMAKMURKAN MESJID BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT.
3. BANYAK MESJID MEGAH, TAPI JARANG ORANG IKUT SHOLAT BERJAMAAH.
4. AGAR PARA USTADZ DAN PENGURUS MESJID BISA MERANGKUL JAMAAH YANG ADA DISEKITAR MESJID UNTUK BERSAMA-SAMA SHOLAT BERJAMAAH TANPA HARUS MEMBEDA-BEDAKAN KELOMPOK DAN GOLONGAN. YANG PENTING ADALAH MERANGKUL ORANG-ORANG YANG MAU SHOLAT BERJAMAAH, AGAR BANGKIT UKUWAH ISLAMIAH. SENYUM ADALAH IBADAH. MARI KITA TERSENYUM KEPADA SESAMA MANUSIA, KHUSUSNYA SESAMA UMAT ISLAM YANG HENDAK BERIBADAH MESKIPUN KITA BERBEDA KELOMPOK DAN GOLONGAN. MENYINGKIRKAN DURI DI JALAN JUGA IBADAH. KARENA ITU MARI KITA SINGKIRKAN SYAKWASANGKA KITA (DURI) KEPADA SESAMA MUSLIM.
5. ANALOGI SEDERHANA, SEPERTI HALNYA DENGAN PEMBERANGKATAN KERETA API, BILA TIDAK DI UMUMKAN WAKTU KEBERANGKATANNYA DAN PARA PENUMPANG AGAR BERSIAP-SIAP, MAKA AKAN BANYAK PENUMPANG YANG KEBINGUNGAN DAN TERTINGGAL KEBERANGKATAN KERETA API TERSEBUT. APABILA HAL INI SELALU TERJADI BERULANG-ULANG SETIAP HARI, SEDANG PARA USTADZ, ULAMA, DEWAN KEMAKMURAN MESJID TIDAK PERNAH "BERUSAHA DENGAN KERAS DAN DENGAN BERBAGAI CARA", MAKA INGATLAH, ANDA AKAN DITUNTUT PERTANGGUNG JAWABANNYA DI AKHIRAT KELAK ATAS APA YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB ANDA DI DUNIA INI, KARENA ANDA ADALAH ORANG YANG PALING MENGERTI DAN PALING BERILMU (AGAMA). JANGAN HANYA MENUDUH-NUDUH ORANG YANG TIDAK KEMESJID ADALAH ORANG MUNAFIK. KETAHUILAH BAHWA HAL TERSEBUT TIDAK SEPENUHNYA SALAH MEREKA (UMAT). MEREKA HANYA BELUM MENGETAHUI DAN BELUM MENGERTI. DAKWAHKAN TERUS, DAN TERUS, DAN TERUS, DAN TERUS. JANGAN PERNAH BOSAN MENJELASKAN MANFAAT SHOLAT BERJAMAAH, TERUTAMA SHOLAT SUBUH. TARGETKAN SHOLAT SUBUH DI MESJID ANDA SEPERTI SHOLAT JUM'AT. INGAT !!!!
Seorang penguasa Yahudi pernah menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam, kecuali pada satu hal, yaitu bila jumlah jamaah shalat Subuh mencapai jumlah jamaah shalat Jumat.
6. MEMBERI KESEMPATAN YANG SAMA DAN ADIL KEPADA SEMUA GOLONGAN / KELOMPOK ISLAM DALAM MEMAKMURKAN MESJID, BAIK UNTUK MENJADI PENGURUS MESJID, IMAM, KHOTIB, DLL.
7. MEMAKMURKAN MESJID, MEMPERKUAT UKHUWAH ISLAMIAH, MERAIH KEBERKAHAN DAN PAHALA SEBESAR-BESARNYA.
INSYA ALLAH MESJID KITA MENJADI MAKMUR JAMAAH, HIDUP KITA JUGA AKAN BERKAH, LINGKUNGAN AKAN AMAN DAN TENTERAM SERTA LIMPAHAN REZEKI DARI ALLAH JUGA AKAN DICURAHKAN DARI LANGIT DAN BUMI, KARENA KITA PANDAI BERSYUKUR SEPERTII HALNYA TANAH ARAB YANG DI DOAKAN OLEH NABI IBRAHIM ALAIHISALAM.
---
Komentar
Posting Komentar